Unik, Spesies Ngengat Ini Bernama Donald Trump

SUKA ARTIKEL INI ?




Neopalpa Donaldtrumpi.

Akhir tahun lalu, para penyelam di Papahanaumokuakea Marine National Monument, Hawaii menemukan seekor spesies ikan terumbu karang hawaiian yang diberi namaTosanoides obama. Nama ikan tersebut mirip dengan nama presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama.

Pemberian nama ikan ini guna menghargai upaya beliau melindungi dan melestarikan lingkungan alam, termasuk perluasan Papahanaumokuakea.

Baru-baru ini, ada kejadian serupa. Seperti dilansir Bloomberg, Selasa (17/1/2017), peneliti dari Kanada menemukan spesies baru dari seekor ngengat di California Selatan di Amerika Serikat dan Baja California di Meksiko.

Ukuran ngengat tersebut tidak lebih dari 1 cm lebarnya dan yang unik, ngengat tersebut memiliki jambul yang berwarna putih kekuningan di kepalanya. Serta sayapnya yang berwarna kuning-oranye dan coklat.

Dijelaskan di Washington Times (18/1), Dr Vazrick Nazari menemukan spesies baru ini ketika memilah-milah bahan yang dipinjam dari Bohart Museum of Entomology di University of California, Davis. Dia menyadari bahwa beberapa spesimen tidak cukup cocok dengan spesies yang pernah ditemukan oleh para ilmuwan.

Dengan rupa seperti itu, para peneliti langsung menamakan spesies baru tersebut dengan Neopalpa donaldtrumpi, sesuai nama Presiden ke-45 AS.

"Sisik kuning dan putih dari kepala ngengat ini menyerupai gaya rambut ala Trump." kata Nazari, ahli biologi dari Ottawa, Kanada dalam studi yang dirilisnya.

Nazari menyadari bahwa Neopalpa donaldtrumpi memiliki karakter berbeda dari spesies ngengat lainnya sehingga menyatakannya sebagai spesies baru. Lebih lanjut, spesies baru ini bisa ditemukan di Algodones Dunes, California bagian selatan.

Dengan pemberian nama tersebut, diharapkan dapat menarik perhatian publik untuk terus menjaga habitat yang rapuh di Amerika Serikat. Masih banyak spesies di kawasan itu yang hingga saat ini belum dikenal dan dalam keadaan terancam.

Tahun lalu, sebelum Trump menjadi presiden terpilih, satu spesies ulat ngengat juga dinamai Trump karena kemiripan mencolok dalam tatanan rambutnya. Spesies yang ditemukan di Amazon Peru itu bernama asli Megalopyge opercularis dan dijuluki Trumpapillar. Demikian dinukil Live Science (28/9/2016).

beritagar.id 

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Serbapedia 7 - All Rights Reserved
Modified by "C"
Serbapedia